• Friday, September 24th, 2010

Penerapan Ilmu Fisika Untuk Beberapa Aplikasi

Saya akan memberikan contoh beberapa aplikasi yang ada di sekitar kita yang berhubungan dengan fisika, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penerapan  Hukum Newton 1 , Hukum Newton 2 , dan Hukum Newton 3

Hukum Newton 1: “Jika benda di biarkan pada keadaan dirinya sendiri ( tidak ada gaya – gaya yang bekerja atau resultan gaya – gaya yang bekerja pada benda adalah nol ) maka benda tersebut akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan”

Contoh aplikasinya :

-         Penggunaan sabuk pada mobil agar kita tidak tersentak ke depan saat mobil di rem mendadak

-         Taplak yang ditarik lurus dan cepat tidak akan menjatuhkan makanan yang berada di atasnya

-         Benda yang di taruh di atas meja tidak akan terjatuh apabila tidak ada gaya yang bekerja pada benda itu

Hukum Newton 2 : “ Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda besarnya berbanding lurus dan searah dengan gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda “

Contoh aplikasinya :

-         Saat kita berada di dalam lift yang sedang naik ke atas, terjadi gaya yang arahnya berlawanan dengan arah naiknya lift. Besarnya gaya itu didapatkan dari percepatan dengan dikalikan massa kita.

Hukum Newton 3 : “apabila sebuah benda ( pertama ) mengerjakan gaya pada benda lain (benda ke dua) maka benda kedua mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama tapi arahnya berlawanan”

Contoh aplikasinya :

-         Saat seseorang menembakkan peluru. Terjadi aksi dan reaksi pada peristiwa tersebut,peluru yang ditembakkan disebut aksi dan senapan yang terdorong ke belakang disebut reaksi.

-         Saat roket diluncurkan,terdapat gas yang keluar yang memberi gaya yang besarnya sama dan berlawanan arah pada roket

-         Saat lomba tarik tambang,ada dua sisi yang berbeda yang besarnya seimbang namun terdapat gaya yang berlawanan arah.

  1. Penerapan gaya gesek

Contoh aplikasinya :

-         Lemari yang diletakkan diatas tanah datar  yang kasar akan terasa lebih berat tarikannya bila dibandingkan benda diletakkan di atas lantai keramik. Pada tanah datar yang kasar gaya gesek yang terjadi antara benda dengan bidang jauh lebih besar bila dibandingkan gaya gesek benda diatas keramik.

  1. Penerapan gaya sentripetal

Contoh aplikasinya :

-         Lintasan mobil balap dibuat miring di tikungan guna mempertahankan kecepatannya. Kemiringan jalan dapat membantu mobil pada saat berbelok di tikungan jalan dengan aman sehinnga efektif untuk semua daerah dan kecepatan mobil

-         Pesawat terbang melakukan manuver rutenya dengan cara memiringkan badan pesawat

  1. Penerapan elastisitas

Contoh aplikasinya :

-         Pegas digunakan pada sistem suspensi kendaraan bermotor, pegas yang digunakan sebagai peredam kejutan pada kendaraan sepeda motor. Tujuan adanya pegas ini adalah untuk meredam kejutan ketika sepeda motor yang dikendarai melewati permukaan jalan yang tidak rata

-         Pegas digunakan pada spring bed. Karena mendapat tekanan maka pegas kasur termampatkan. Akibat sifat elastisitasnya, kasur pegas meregang kembali. Pegas akan meregang dan termampat, demikian seterusnya. Akibat adanya gaya gesekan maka suatu saat pegas berhenti bergerak.

-         Dinamometer : alat untuk mengukur gaya pada suatu benda

-         Timbangan,contoh : neraca pegas untuk menimbang buah

  1. Pemanfaatan teknologi nuklir

-         Teknologi dan teknik penggunaan nuklir dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang sangat besar untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Misalnya, nuklir dapat digunakan di bidang pertanian, seperti pemuliaan tanaman Sorgum dan Gandum dengan melalui metode induksi mutasi dengan sinar Gamma.

-         Di bidang kedokteran nuklir di manfaatkan untuk terapi Three Dimensional Conformal Radiotherapy (3D-CRT). Dengan cara ini kasus – kasus tumor ganas yang sulit di jangkau dengan pisau bedah dapat di atasi tanpa merusak jaringan.

-         Di bidang energi, nuklir dapat berperan sebagai penghasil energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). PLTN dapat menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan pembangkit lainnya, dengan limbah dan biaya operasi yang lebih rendah.

  1. Pemanfaatan gelombang elektromagnetik

-         Dalam bidang komunikasi ponsel yang digunakan untuk berkomunikasi aatupun mengirim sms juga menggunakan gelombang elektromagnetik. Tak hanya ponsel namun gelombang elektromagnetik juga digunakan pada TV, radio ,dll

-         Pemanfaatan Induksi Magnet pada kumparan yang di pakai pada dinamo sepeda yang berfungsi sebagai penerangan jika sepeda berjalan

-         Dalam bidang kedokteran pun Sinar –X juga digunakan untuk keprluan Rontgen yang mendeteksi suatu penyakit dalam

-         Di dunia makanan gelombang mikro di manfaatkan untuk memanaskan makanan (oven),gelombang mikro di pantulkan oleh dinding oven dan diserap oleh makanan sehingga pemanasan makanan terjadi secara merata.

  1. Pengaruh suhu

-         Suatu benda yang dinaikkan suhunya maka terdapat beberapa zat padat yang akan mengalami pemuaian, contoh : aluminium, baja, tembaga, dll.Untuk itu pada sambungan rel kereta apidibuat agak renggang atau diberi jarak agar pada siang hari rel tersebut tidak melengkung akibat pemuaian.

  1. Penerapan GLB dan GLBB

-         Kendaraan yang melewati jalan tol. Walaupun terdapat tikungan pada jalan tol, kendaraan beroda bisa melakukan GLB pada jalan tol. Pada jarak tertentu, lintasan jalan tol lurus. Kendaraan yang bergerak pada jalan tol juga kadang mempunyai kecepatan yang tetap.

-         Kapal laut yang menyeberangi lautan atau samudera. Ketika melewati laut lepas, kapal laut biasanya bergerak pada lintasan yang lurus dengan kecepatan tetap. Ketika hendak tiba di pelabuhan tujuan, biasanya kapal baru merubah haluan dan mengurangi lajunya.

Contoh GLBB yang selalu kita jumpai dalam kehidupan hanya gerak jatuh bebas. Pada gerak jatuh bebas, yang bekerja hanya percepatan gravitasi dan besar percepatan gravitasi bernilai tetap. Benda yang jatuh bebas juga bergerak pada lintasan lurus (v

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply